Alasan Gagal Pick Up Paket oleh Jasa Pengiriman

Makin berkembangnya layanan jasa pengiriman barang tercepat atau ekspedisi, membuat makin banyak fitur menarik yang dirilisnya untuk mempermudah pengguna. Salah satu fitur favorit bagi para pengguna jasa ekspedisi saat ini adalah fitur pick up atau penjemputan barang. Sayangnya, ada beberapa alasan yang bisa proses penjemputan gagal dilakukan. Simak alasannya tersebut di bawah ini.

Apa Itu Layanan Pick-Up Jasa Pengiriman Barang?

Pick-up merupakan salah satu layanan unggulan yang saat ini dimiliki oleh sebagian besar jasa pengiriman barang tercepat. Sesuai dengan namanya, layanan ini memberikan kemudahan bagi para pengguna jasanya dalam bentuk penjemputan langsung barang yang akan dikirim ke alamat si pengirim ataupun lokasi yang telah disepakati sebelumnya.

Kehadiran layanan pick-up ini sendiri tentu akan mempermudah pihak pengirim untuk mengirimkan barang. Mereka tidak perlu repot harus mendatangi drop point terdekat, untuk mengirimkan barang. Alhasil, pihak pengirim pun akan bisa hemat, tidak hanya dari segi waktu saja, melainkan juga dari segi biaya karena tidak perlu mengeluarkan ongkos atau biaya transportasi.

Para penjual atau pedagang online merupakan salah satu pihak yang begitu diuntungkan dengan kehadiran layanan pick-up oleh jasa pengiriman barang tercepat ini. Bagaimana tidak, dengan potensi pengiriman barang dalam jumlah yang banyak, pedagang yang merupakan pengirim barang bisa langsung menghubungi jasa pengiriman barang untuk menjemput barang yang akan dikirimkan.

Jika Anda ingin menggunakan layanan pick-up ini, pastikan layanan ini memang disediakan oleh jasa pengiriman barang tercepat yang Anda gunakan. Selain itu, pahami juga ketentuan penggunaan layanan pick-up ini, misalnya seperti minimal barang yang akan dikirim, biayanya, serta waktu penjemputan dari jasa pengiriman barang tercepat tersebut.

Alasan Gagal Pick-Up oleh Jasa Pengiriman Barang

Sebagai orang yang berencana untuk menggunakan layanan pick-up dari jasa pengiriman barang tercepat, Anda harus tahu bahwa ada potensi terjadinya kegagalan pick-up oleh jasa pengiriman. Kegagalan pick-up tersebut bisa disebabkan oleh pengirim, jasa pengiriman paket, ataupun hal-hal yang berada di luar kendali. Simak beberapa alasan kegagalan pick-up di bawah ini.

1. Permintaan Pick-Up di Luar Jam Operasional

Salah satu alasan gagalnya pick-up yang disebabkan karena kelalaian pihak pengirim adalah mengajukan permintaan pick-up atau penjemputan di luar jam operasional layanan pick-up tersebut. Maka dari itu, pastikan pengajuan penjemputan barang dilakukan pada waktu operasionalnya yang telah ditentukan oleh jasa pengiriman barang.

Permintaan pick-up yang dilakukan pada saat layanan operasional jasa pengiriman sudah ditutup, akan membuat barang tersebut dijemput pada keesokan harinya. Hal ini tentu akan mengakibatkan lebih lamanya waktu pengiriman paket barang tersebut ke alamat penerima. Bagi Anda yang merupakan pedagang online, hal ini sangat patut untuk dijadikan sebagai perhatian.

2. Pengirim Tidak Berada di Lokasi Penjemputan Saat Kurir Datang

Alasan selanjutnya yang bisa menyebabkan gagalnya proses penjemputan barang oleh kurir jasa pengiriman barang tercepat adalah tidak adanya pengirim di lokasi penjemputan saat kurir sampai di lokasi tersebut. Padahal, keberadaan pengirim paket barang dibutuhkan sekiranya ada penandatanganan dokumen sehubungan dengan pengiriman paket barang yang dijemput tersebut.

Untuk menghindari kegagalan penjemputan paket barang karena alasan ini, usahakan untuk berada di tempat atau titik penjemputan pada saat kurir akan datang menjemput barang tersebut. Pun jika ada kendala, Anda bisa berikan kuasa pada orang lain untuk menyetujui pengiriman paket yang dijemput oleh pihak jasa pengiriman barang tercepat tersebut.

3. Titik Penjemputan yang Tidak Jelas

Layaknya pengiriman paket barang ke alamat penerima, kurir yang akan menjemput paket barang tersebut juga membutuhkan alamat yang jelas saat akan menjemput paket yang akan dikirimkan. Makanya, berikanlah alamat yang jelas untuk mempermudah kurir jasa pengiriman barang saat menjemput paket barang tersebut.

Jika alamat penjemputan yang diberikan kurang lengkap atau kurang jelas, bisa-bisa paket yang akan dikirim malah jadi gagal dijemput. Apalagi jika Anda sebagai pihak pengirim tidak bisa dihubungi saat kurir akan melakukan penjemputan dan memastikan titik penjemputannya. Jadi, berikanlah alamat penjemputan dengan jelas, serta siap sedia untuk dihubungi oleh kurir jasa pengiriman.

4. Pengiriman Barang yang Overload

Pada waktu-waktu tertentu, misalnya pada saat festival belanja di tanggal kembar ataupun jelang hari raya, biasanya pengiriman barang akan begitu membludak. Nah, membludaknya barang akan dikirimkan akan berdampak pada peningkatan penggunaan jasa penjemputan oleh jasa pengiriman barang. Alhasil, tidak semua permintaan pick-up bisa dilayani tepat pada waktunya.

Pengiriman barang yang membludak di waktu-waktu tertentu ini memang tidak bisa dihindari. Jika ternyata barang yang Anda kirim tidak kunjung dijemput juga, Anda bisa langsung antarkan ke drop point terdekat, agar pengiriman paket barang bisa langsung diproses. Namun jika tidak, tentu konsekuensinya adalah pengiriman paket barang bakal menjadi lebih lama lagi.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai layanan pick-up atau penjemputan barang, berikut dengan alasan yang bisa menyebabkan gagalnya penjemputan. Jika Anda ingin menggunakan layanan ini, pastikan jasa pengiriman barang yang dipilih sudah menyediakan layanan ini. Anda bisa gunakan layanan pick-up ini salah satunya pada jasa pengiriman barang tercepat, posaja.co.id.

By admin