Jenis Kopi Nusantara yang Paling Banyak Digemari

Indonesia adalah negara yang diberkati dengan geografi tanah yang subur dimana beragam kopi berkualitas tumbuh. Beberapa wilayah Indonesia tersebar dengan perkebunan kopi yang masing-masing memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda. Apa saja jenis kopi Nusantara yang paling diminati?

Kopi Aceh Gayo merupakan salah satu kopi Arabika terbaik di dunia. Rasa kopi Gayo sendiri lebih pahit dan tidak terlalu asam. Aromanya yang sangat tajam membuat jenis kopi ini direkomendasikan. Meski memiliki rasa pahit, ada rasa asin yang Anda dapatkan setelah meminum kopi ini.

  • Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa merupakan kopi yang berasal dari Kabupaten Ngada. Kopi ini tumbuh di dataran subur Flores dengan rasa nikmatnya yang khas. Kopi Flores Bajawa biasanya digiling basah. Kopi ini memiliki aroma yang fruity dan aroma yang ringan pada aftertaste-nya. Sebuah keunikan yang mungkin tidak Anda dapatkan dari biji kopi dari daerah lain.

  • Kopi Sumatera

Kopi Sumatera merupakan salah satu kopi unggulan Nusantara. Kopi yang paling terkenal di pulau Sumatera adalah kopi Sidikalang, kopi Lintong dan kopi Mandheling. Beberapa ahli kopi mengatakan bahwa kopi Sumatera memiliki rasa yang unik karena khasiatnya dan aromanya yang kuat. Karena teksturnya yang halus dan aromanya yang menyengat, kopi Sumatera menjadi salah satu kopi terlaris di dunia.

  • Kopi Papua Wamena

Dibudidayakan di Indonesia bagian timur pada ketinggian 1.200 meter, kopi ini memiliki rasa yang lembut dan aroma yang tajam. Keistimewaan kopi ini adalah ditanam secara organik tanpa campur tangan bahan kimia. Jika Anda menyukai kopi yang ringan, halus, dan nyaris tanpa ampas, Kopi Papua Wamena adalah pilihan yang tepat.

  • Kopi Jawa

Kopi dari pulau Jawa memiliki cita rasa tersendiri. Aroma rempah alami membuat kopi jenis ini enak karena memiliki khasiat yang berbeda.  Sebagian besar kopi di Jawa melalui proses penggilingan basah. Itu juga menjadi faktor yang membuat rasanya kuat dan berkarakter.

  • Kopi Toraja

Kopi Toraja memiliki bentuk dan ukuran yang tidak beraturan serta berwarna coklat tua. Bentuk ini membuat kopi Toraja mudah dikenali. Aromanya sangat harum dan khas bahkan saat pertama kali membuka kemasannya. Kopi ini memiliki rasa buah dan rasa yang kurang pahit saat diminum.

  • Kopi Bali Kintamani

Kopi Bali Kintamani memiliki rasa buah yang asam dan segar. Karena tanaman kopi di Kintamani Bali ditanam bersamaan dengan tanaman lainnya seperti berbagai jenis sayuran dan buah jeruk. Kopi Kintamani Bali memiliki aroma yang segar dan rasa yang lebih lembut dibandingkan kopi Indonesia lainnya.

Jika Anda adalah pencinta kopi Nusantara, Anda harus mencicipi masing-masing dari jenis kopi  di atas. Ciri khas dari setiap kopi akan memberikan kelezatan tersendiri di lidah. Setiap daerah memiliki cita rasa sendiri dan kenikmatan yang berbeda.

By admin